Tukeran Link


Yusita

Arti sahabat buatku seperti tangan dan mata# Akan menangis bila tangan terluka...!!! Tangan akan mengusap saat mata menangis...!!!

Mengenal konsep Client Server 19.56

Anda sebelumnya mungkin telah mempelajari tentang pemprograman database menggungakan Borland Database Engine untuk mengakses data yang tersimpan pada computer local maupun pada jaringan. Disini akan lebih ditekankan pada konsep pemprograman client server menggunakan Interbase sebagai database-nya
Pertanyaan yang biasa muncul adalah mengapa menggunakan Interbase? Alasannya cukup simple, selain karena kualitasnya Interbase tidak kalah dibandingkan dengan server database lainnya, seperti Ms SQL Server, mySQL maupun Orecle, Interbase juga disertakan pada Delphi. Sehingga nantinya anda tidak akan mengalami kesulitan mempelajari konsep pemprograman Client server.
Yang masih menjadi pertanyaan anda mungkin adalah mengapa harus mengguankan konsep Client server daripada menggunakan file server. Untuk menjawab pertanyaan tersebut kami akan memberiakn sedikit gambarannnya.
Sebagai contoh, misalnya anda mempunyai table paradox pegawai yang berisi ribuan record dan diletakkan pada salah satu computer sebagai file server. Jika anda ingin mengetahui gaji tertinggi dari pegawai tersebut tentunya anda akan menggunakan query berikut:
SELECT MAX(Gaji) FROM Pegawai
Dengan query di atas semua data dari computer jaringan (komputer tempat database disimpan) akan “dipindahkan” ke computer local (computer yang melakukan query). Selanjutnya dari semua data akan didapatkan data gaji pegawai tertinggi. Hal ini tentunya akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Semakin banyak jumlah record semakin lama pula waktu yang dibutuhkan.
Menggunakan Interbase (maupun RDBMS lain) pencarian gaji tertinggi pada table Pegawai akan lebih cepat, karena proses pencarian data akan dilakukan di server dan selanjutnya hasil pencarian (yang berupa data tunggal) akan dikembalikan ke Client yang melakukan query. Beberapa alasan lain yang dapat dikemukakan mengapa harus menggunakan client server adalah:
•Kemampuan menangani jumlah record yang banyak
Paradox tidak dapat menangani data sampai 2Gb, sedangkan RDBMS dapat menangani data yang besarnya berlipat-lipat dari Paradox
•Keamanan data
RDBMS mempunyai mekanisme pengamanan data yang lebih baik daripada Paradox.
•Pembagian tugas antara client dan server
Pada saat melakukan pemprograman, Anda sapat merancang pembagian tugas antara client dan server (proses apa saja yang sebaiknya dikerjakan oleh client dan proses apa saja yang sebaiknya dikerjakan oleh server).
•Pengontrolan transaksi
RDBMS mempunyai pengontrolan transkasi yang lebih baik dibandingkan dengan paradox


Sumber :
Pengembangan Aplikasi Client Server dengan Borland Delphi , wahana komputer

0 komentar: